PEMBELAJARAN | MEMBANGUN GENERASI MASA DEPAN

Share:
Generasi muda memiliki tanggung jawab dan peran yang penting untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang sejahtera dan bermartabat karena jumlah yang besar dan signifikan. Menurut data Biro Pusat Statisti (BPS) tahun 2008, jumlah pemudan Indonesia adalah 80,9  juta jiwa atau sekitar 37 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Jumlah ini sangat potensial sebagai modal utama bagi penggerak pembangunan bangsa.
Generasi muda memiliki 3 peran utama yakni :
  • Pertama, sebagai generasi penerus bangsa yang secara konsisten menlanjutkan perjuangan yang telah dirintid generasi sebelumnya.
  • Kedua, sebagai generasi pengganti generasi tua yang belum mampu mengemban amanat mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur.
  • Ketiga, sebagai generasi pembaharu yang bertujuan untuk mentransformasi bangsa ini kaerah yang lebih baik.
Genarasi muda selalu diidentikkan sebagai kaum yang idealis, dinamis, dan progresif, yang diharapkan dapat membawa perubahan bagi bangsa. Namun pertanyaannya adalah, bagaimana menciptakan generasi seperti ini? Mencetak generasi muda yang memiliki semangat berkobar, integrasi tinggi, dan sanggup mengguncangkan dunia seperti yang di cita-citakan mantan Presiden Soekarno memang bukanlah pekerjaan mudah. 
Kemajuan suatu bangsa bergantung kepada generasi mudanya. Kalau ingin melihat maju atau mundurnya suatu bangsa di masa yang akan datang itu sebenarnya mudah, lihat saja apa yang dilakukan generasi mudanya saat ini, kalau generasi mudanya sudah jelas malas malasan, senang bermabuk-mabukan dan hidup tanpa tujuan, apa kata dunia?
Bagaimana mungkin kita bisa menjadi bangsa yang besar, sementara generasi mudanya lebih suka bermalas-malasan? Bagaimana mungkin Negara ini akan maju kalau prilaku rakyatnya justru adalah kemunduran? Analogi mudahnya, bagaimana mungkin kita mengharapkan seorang istri seperti Fatimah Ra, kalau prilaku kita tidak seperti Sayyidinah Ali Bin Abi Thalib?

Pada akhirnya, janganlah  pernah berhenti untuk menjadi generasi pembelajar, karena kita semua adalah generasi masa depan. Belajar adalah sebuah proses berkesinambungan yang tidak akan pernah berhenti dari saat kita malihat dunia ini hingga meninggalkannya. 

Happy life-long learning
It’s very impossible to live by the yesterday’s standards and expect extraordinary results today. Live life with passion.

ARTIKEL TERKAIT :
PEMBELAJARAN | OTAK LAYAKNYA OTOT
PENDIDIKAN DIMULAI DARI DALAM KANDUNGAN IBU
CARA MENDIDIK ANAK

No comments