Dosa-dosa Besar dalam Pandangan Islam

Share:

       Menjauhi segala larangan Allah SWT dan melaksanakan perintah-Nya adalah syarat mutlak untuk menjadi muslim sejati. Larangan atau Dosa-dosa besar dalam pandangan islam antara lain: syirik, membunuh, mencuri, bersina, mabuk mabukan, dan meninggalkan sholat.
BACA JUGA:

       Selain dosa-dosa besar di atas, masih banyak dosa-dosa besar lainnya yang sering diperbuat manusia tampa mereka menyadarinya, dosa-dosa besar tersebut yakni :
1. Bunuh Diri
"Barang siapa membunuh dirinya dengan sebatang besi, maka besi yang ada di tanganya tersebut akan menusuki perutnya di Neraka Jahannam, dia kekal lagi dikekalkan di dalamnya selamanya. Barang siapa yang membunuh dirinya dengan racun, maka racun yang di tangannya itu akan diteguk (sebagai azab) di Neraka Jahannam di mana dia kekal dan dikekalkan di dalamnya selamanya." (Muttafaq 'alaih)
2. Memakan Riba
"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu" (QS. Al-Baqarah: 278-279)
3. Sombong, angkuh, ujub, dan congkak
"dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam!," Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir" (QS. Al-Baqarah: 34)
4. Meninggalkan Shalat
"Apakah yang memasukkanmu ke dalam (neraka) Saqar?", Mereka menjawab "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat" (QS. Al-Muddatstsir 42-43)
5. Mengadu Domba 
"Tidak akan masuk surga, orang yang (gemar) menyebarkan adu domba". (Muttafaq 'alaih)
6. Menyuap/Menyogok
"Allah melaknat yang menyuap, yang disuap, dan perantara yang menghubungkan keduanya". (HR. Ahmad, Hakim, Thabrani, Hasan)
7. Perbuatan zhalim dan melampaui batas
"Sesungguhnya dosa itu atas orang orang yang berbuat zhalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih". (QS. Asy Syura: 42)
8. Melaknat
"Melaknat seorang mukmin adalah seperti membunuhnya". (Muttafaq 'alaih)
9. Merubah patok tanah
"Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah, Allah melaknat orang yang merubah patok batas tanah, Allah melaknat orang yang menyesatkan orang buta dari jalan (yang benar), Allah melaknat orang yang mencela kedua orang tuanya, dan Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan kaum Nabi Luth (homoseksual)". (HR. Ahmad)
10. Mengajak pada kesesatan
"Barangsiapa yang mengajak kepada suatu kesesatan maka dia menanggung dosa seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya; hal ini tidak akan mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun". (HR. muslim)
11. Membenarkan dukun dan ahli nujum
"Barangsiapa mendatangi dukun dan membenarkan apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir dengan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Sallallahu 'alaihi wa Sallam". (HR. abu Dawud)
12. Menyerupai lawan jenis
"Allah melaknat kaum laki-laki yang meniru kaum perempuan, dan kaum perempuan yang meniru kaum laki-laki". (HR. Bukhari)
13. Thiyarah, menganggap sial karena sesuatu
"Thiyarah termasuk syirik. Tidaklah kami melainkan pernah terlintas didalam fikirannya (mengarah kepada thiyarah). Akan tetapi Allah menghilangkan dengan sikap tawakal". (HR. Tirmidzi)
14. Mengingkari kebaikan orang lain kepadanya
"Tidak dikatakan bersyukur kepada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterimakasih pada manusia". (HR. Abu Daud) 
15. Sumpah dusta
"Dosa-dosa besar itu adalah : mempersekutukan Allah (syikir), durhaka kepada kedua orang tua, membunuh, dan sumpah dusta". (HR. Bukhari)
16. Memberontak dan mengkafirkan karena dosa besar
"Barangsiapa yang tidak suka sesuatu pada pemimpinnya, bersabarlah. Barangsiapa yang keluar dari ketaatan pada pemimpin barang sejengkal, maka ia mati dalam keadaan mati jahiliyah". (HR. Bukhari & Muslim)
"Barangsiapa yang berkata kepada saudaranya sesama muslim, 'hai kafir', maka perkataan itu pasti kembali kepada salah seorang dari mereka berdua".(HR. Bukhari)
17. Meninggalkan shalat jum'at
"Hendaknya suatu kaum berhenti dari meninggalkan shalat jumat atau (jika tidak) maka niscaya Allah akan menutup hati mereka, kemudian mereka benar-benar menjadi orang yang lalai". (HR. Muslim)
18. Menahan kelebihan air
"Ada tiga orang yang mana Allah tidak akan berbicara kepada mereka, Allah tidak melihat kepada mereka pada Hari Kiamat, dan Allah tidak akan menyucikan mereka, serta bagi mereka siksa yang pedih yaitu; seseorang yang mempunyai kelebihan air di tanah lapang namun dia menahannya dari musafir..." (Muttafaq 'alaih)
19. Membiarkan perbuatan keji istrinya
"Tiga golongan yang tidak akan asuk surga yaitu: orang yang durhaka kepada orang tuanya,orang tidak punya kecemburuan terhadap perbuatan nista istrinya (dayyuts), dan perempuan yang menyerupakan dirinya dengan laki-laki" (HR. Al-Hakim)
20. Jidal (debat), berbantah-bantah, bertengkar
"(yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang" (QS. Al-Mukmin: 35)
21. Tidak membayar zakat
"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan (emas perak) itu dalam Neraka Jahannam..." (QS. At- Taubah: 34-35)
22. Merasa aman dari pembalasan Allah
"Tiadalah yang merasa aman dari azab Allah melainkan orang-orang yang merugi" (QS. Al-A'raf: 99)
23. Putus asa dari rahmat Allah
"Sesungguhnya tiada berputus asa dari Rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir" (QS. Yusuf: 87)
24. Melakukan Pungutan liar
"Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih" (QS. Asy Syura: 42)
25. Riya'
"Yang sedikit (saja) dari riya' adalah syirik" (HR. Al-Hakim)
26. Minum Khamar
"Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah.'Dalam keduanya itu terdapat dosa besar'..." (QS.Al-Baqarah: 219)
27. Pembangkangan istri kepada suaminya
"Perhatikanlah kedudukanmu dari suamimu itu, karena sesungguhnya suamimu adalah surgamu dan nerakamu" (HR. An-Nasa'i)
28. Mencuri
"Laki-laki yag mencuri dan perempuan yang mencuri, maka potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Perkasa lagi Mahabijaksana" (QS. Al-Ma'idah: 38)
29. Mencurangi timbangan jual beli
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain (maka) mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, maka mereka menguranginya" (QS. Al-Muthaffifin: 1-3)
30. Meratapi mayit
"Orang yang meratapi (mayit) apabila tidak bertaubat (sebelum meninggal), niscaya kelak pada Hari Kiamat (akan dibangkitkan) dengan dipakaikan baju besi yang berkarat dan baju panjang (yang terbuat dari) aspal" (HR. Muslim)

Demikianlah Perbuatan yang Termasuk Dosa-dosa Besar yang sering kita lakukan tanpa menyadarinya. Semoga artikle ini selalu mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam berbuat. Mariberbagilmu. Wassalam

No comments