Ujian Nasional sebentar lagi dilaksanakan baik itu SMP maupun SMA. Bagi
sebagain besar siswa menganggap bahwa ujian bahasa inggris itu sangat menyeremkan,
kenapa tidak??? Dari sekian banyak soal, hampir semua tidak mereka fahami
maksudnya. Hal ini karena kemampuan kosa kata atau daftar kata
yang dimiliki oleh anak SMP atau SMA, rata-rata masih sangat terbatas.
Sedangkan untuk memahami pertanyaan diperlukan penguasaan kosa kata. Tapi jangan
khawatir, Tidak tahu arti bacaan bukan berarti tidak bisa mengerjakan soal. Kali ini kita akan membahas TIPS BAGAIMANA MENGERJAKAN
SOAL BAHASA INGGRIS walaupun tidak tahu arti dan maksudnya. Langsung saja
disimak.
TIPS
MENGERJAKAN SOAL UN BAHASA INGGRIS
1.
Kuasai dan fahami bentuk-bentuk kalimat
tanya pada soal karena memahami kalimat tanya dengan baik adalah modal dasar
untuk mengerjakan soal bahasa inggris.
Dasar dari kata
tanya (5W 1H) adalah :
·
what =
apa
·
who =
siapa (yang dicari adalah pelakunya,
baik itu orang maupun benda, hewan atau tumbuhan)
·
where = dimana kejadianya
·
when = kapan kejadian
·
why = mengapa (diuraikan dengan alasan)
·
How = bagaimana (kronologis/proses
atau rentetan kejadian)
2. Membaca
pertanyaan terlebih dahulu kemudian membaca text.
3.
Setelah membaca soal, perhatikan teks
bacaan dan cari yang mirip dengan soal, maka jawaban pertanyaan ada disekitar
text yang mirip dengan pertanyaan tersebut (letaknya bisa sebelum atau sesudah
teks tersebut).
Example :
Text :
Andy
works in the post office. He always wakes up earlier in the morning and helps
his mother going to market.
Pertanyaan
:
Where does Andy work?
Where does Andy work?
Setelah
membaca soal dan text, kalimat atau
frase yang mirip dengan pertanyaan dan text adalah “Andy work”, maka jawabannya
ada disekitar kalimat tersebut. Karena kata tanya adalah where yang artinya
dimana, berarti pertanyaan mencari sebuah tempat. Tempat yang dinyatakan dalam
text dan ada disekitar teks yang mirip
pertanyaan yakni “Andy work”, maka jawabannya adalah “in the post office”.
4.
Apabila bentuk soal menanyakan ide utama
atau pokok pikiran utama, jika ada judul maka jawabannya adalah judulnya, tapi
jika tidak ada judul maka ide utama biasanya terletak di awal paragraph atau
pilihlah jawaban yang bersifat umum (meluas) atau kata/ frase yang paling
sering muncul dalam text, jangan yang spesific (khusus).
Contoh pertanyaan :
1. What
is the main idea of the text?
2. What
does the text tell us about?
3. What
does paragraph two about?
4. What
is the text talk about?
5. What
does the story tell about?
dari
contoh pertanyaan di atas mempunyai arti yang sama yakni menanyakan ide utama
atau pokok pikiran utama dari bacaan yang di tentukan.
Contoh soal :
Mr. Wahid is my
grandfather who is also my best friend. My grandfather is sixtyfour years old
and he is retired now, so he has plenty of time to play with me. I love him
very much and I know he really loves me too. We spend a lot of time together.
My grandfather
is a very tall and strong man. My grandfather is smart, patient, and caring.
When I am sad, he can always make me laugh with his funny faces. He puts me on
his shoulders and tells me many stories.
Every day, my
grandfather drives me to school and picks me up at the end of classes. He also
does sports and many other activities with me. He takes me to the swimming
pool. He plays chess with me. During starry nights, we count the stars together
in our backyard. I love my grandpa.
Pertanyaan
:
1. What
is the text about?
(A) The writer’s family
(B) The writer’s grandfather (semua paragraph menceritakan tentang kakek si penulis)
(C) A very tall and strong man
(D) The writer’s sports activities
2. What
is shown by paragraph three?
(A) The writer’s activities
(B)
The activities of Mr. Wahid (semua kalimat pada
paragraph 3 menceritakan aktifitas kakek si penulis)
(C) Mr. Wahid’s characteristics
(D) The description of the writer’s family
5. Jika yang
ditanyakan adalah kesimpulan dari bacaan maka jawabannya ada pada akhir
paragraph atau kalimat yang bersifat umum mewakili seluruh bacaan.
Contoh pertanyaan :
From the text, we can conclude that …
maksudnya adalah
berdasarkan text kita dapat menyimpulkan bahwa . . . .
6. Soal
dengan kata “refer to” atau mengacu kepada sesuatu atau mengantikan sesuatu
(antecedent).
Antecedent berarti juga kata yang
mendahului. Maka cari jawaban pada kalimat sebelumnya.
Contoh :
We went to market last Friday. I want to
buy some apples. They really made me attracted to taste.
Pertanyaan :
“They really made me attracted to
taste.” The underlined word refer to …
maka cari jawabannya pada kalimat
sebelumnya. Dan jawabannya adalah “some apples”.
7. Apabila yang
ditanyakan adalah tujuan text seperti pertanyaan :
What is the purpose of the text?
maka :
- Teks Deskripsi (isinya menggambarkan manusia,tokoh yang sedang naik daun,hewan,benda,dan suatu tempat) maka jawabannya adalah to describe…(judul teks bila ada atau sesuatu yang dijelaskan dalam teks).
- Teks Recount (Isinya menceritakan pengalaman di masa lalu secara berurutan sesuai waktu kejadian, menggunakan jenis kalimat past tense) maka jawabannya adalah to retell the past event/ to tell the past event.
- Teks Narative ( Isinya menceritakan sebuah dongeng, teks dimulai dengan kata “Once upon a time, One day, Once, a long time ago, Menggunakan kalimat Past tense) maka jawabannya adalah to entertain the readers or to amuse the readers.
- Teks Procedure (Isinya menjelaskan bagaimana cara/metode membuat sesuatu,misalkan sebuah resep membuat makanan) maka jawabannya adalah to show how to make…(judul teks).
- Teks Report (Isinya menggambarkan manusia,hewan,benda dengan lebih detail melalui proses penelitian)maka jawabannya adalah to describe…(judul teks).
- Teks Invitation/Undangan jawabannya adalah to invite....
- Teks Announcement/Pengumuman jawabannya adalah to announce....
- Teks Advertisiment/Iklan jawabannya adalah to promote/to advertise....
- Teks Letter/Surat jawabannya adalah to tell/to inform....
- Teks Label jawabannya adalah to give detail information/ to persuade....
8. Apabila yang ditanyakan adalah makna tersirat atau pesan moral yang ada
dalam text,seperti pertanyaan :
What we can learn from the story above?
maka jawabannya bisa
berada di akhir paragraph atau simpulan dari semua paragraph.
9. Apabila yang
ditanyakan adalah persamaan kata atau menentukan makna,
contoh pertanyaan :
What
is the similar/the same meaning/the closest meaning/sinonim/meaning of ... (kata)?
maka diperlukan penguasaan kosa kata karena yang ditanyakan adalah
persamaan kata yang
jawabannya kemungkinan besar tidak ada dalam text.
No comments
Post a Comment